HISAB, Pembalasan, dan Pemulihan Nama Baik

7.8 Pembalasan

Apa itu pembalasan?

Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Dimana ada korban yang dirugikan atas reaksi itu, pembalasan dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang.

Dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat yang menyatakan bahwa Tuhan akan memberikan pembalasan bagi orang-orang yang bertaqwa yaitu dengan surga. Bagi yang tidak bertakwa kepada Tuhan diberikan pembalasan atau siksaan dan bagi yang mengingkari perintah Tuhanpun diberikan pembalasan atau siksaan api neraka.

Apa yang menyebabkan pembalasan bisa terjadi?

Pembalasan disebabkan sifat dendam. Dendam merupakan sifat yang di benci oleh tuhan, dan merupakan sifat tercela, sifat ini belum akan merasa puas apabila diri kita belum membalaskan kekecewaan atau kekesalan hati kita terhadap oarang yang melakukan kejahatan kepada kita.

Contoh pembalasan :

Sebut saja orang yang bernama A melakukan sesuatu hal yang tidak ia sadari telah membuat temannya si B merasa tersinggung dan sakit, karena ada sesuatu hal. Si B merasa A telah melakukan hal yang jahat terhadapnya sehingga muncullah perasaan benci dan dendam terhadap A. Karena si B merasa sakit hati terhadap sikap A, maka B pun bertekad untuk melakukan hal yang sama kepada A agar A merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan B.

Kesimpulannya :

Kita sebaik manusia yang baik yang memiliki iman serta akidah yang baik sebaiknya bertindak tidak seperti itu. Sebuah kejahatan janganlah kita balas dengan kejahatan, karena jika kita melakukan seperti hal nya demikian maka, kita sama saja seperti orang yang telah melakukan kejahatan terhadap kita. Belajarlah untuk memaafkan, karena itu lebih baik. Dan biarlah hanya Tuhan yang membalas perbuatannya.

7.7 Pemulihan nama baik

Pengertian Nama Baik

Nama baik merupakan citra seseorang dimata lingkungannya, jika nama baik seseorang rusak maka rusak pulalah citra orang tersebut di mata orang sekelilingnya. menjaga nama baik sangatlah susah dibandingkan mendapatkanya, seseorang harus menjaga sikapnya dan tingkah lakunya di masyarakat

Hakekat Pemulihan Nama Baik

Tingkah laku atau perbuatan yang baik dengan nama baik itu pada hakekatnya sesuai dengan kodrat manusia, yaitu manusia menurut sifat dasamya adalah mahluk moral yang memiliki etika dan estetika. dan ada aturan-aturan yang berdiri sendiri yang hams dipatuhi manusia untuk mewujudkan dirinya sendiri sebagai pelaku moral tersebut.

7.6  Perhitungan (HISAB) dan pembalasan

Perhitungan (HISAB) dan pembalasan

Dinegara kita ada suatu lembaga khusus yang menangani kejahatan yaitu POLISI, disini polisi akan menyelidiki, dan mengungkap berbagai macam kasus kejahatan yang di lakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan yang selanjutnya akan diserahkan kepengadilan untuk diproses menurut UUD.

Dalam islam kita kenal yaitu Yaumul hisab yaitu hari perhitungan segala amal dan perbuatan kita semasa hidup kita didunia. Disini manusia yang telah meninggal akan di hitung semua amal baik dan buruknya jika amal baiknya lebih banyak maka iya akan masuk surga dan jika amal buruknya jauh lebih banyak maka akan masuk neraka. dan di neraka inilah segala perbuatan jahat manusia di dunia akan di balas sesuai dengan banyaknya kejahatan mereka didunia.

Leave a comment