Psychology and Me

Kenapa harus psikologi?

Karna hobi gw mengamati orang dan bagi gw psikologi adalah ilmu yang unik. Kenapa unik? cause we learn about us, as human.

Maybe ngga semua orang mungkin bisa mengerti dan belajar tentang manusia. Kenapa manusia melakukan hal ini? Kenapa manusia melakukan hal itu? Ketika kita belajar tentang psikologi, kita jadi lebih tau dan lebih peduli tentang orang-orang disekitar kita, bahkan mungkin diri kita sendiri. Alhasil kita ngga bisa yang namanya asal ngejudge orang tanpa tau latar belakang atau penyebab dia melakukan sesuatu hal.

Satu hal yang gw inget ketika gw mau daftar jadi calon mahasiswa psikologi, salah satu orang tua murid ada yang nanya kayak gini :

“Mba calon maba juga?”

“Iya bu..”

“Daftar apa?”

“Psikologi”

“Ohh psikologi, kenapa psikologi? Psikologi kan kerjanya cuma ngurusin orang doang.. kok mau maunya ngurusin orang?”

“………….”

Iyaaa ngurusin “orang” yang mungkin salah satunya ibu, ha-ha

“Kita sebagai manusia harus peduli sesama manusia”

Bahkan setelah kejadian itu justru gw makin yakin untuk belajar psikologi. Karna ketika kalian liat orang-orang disekitar kalian mungkin ada yang annoying (contohnya seperti diatas), intovert, cari perhatian, faking good, dramatic dan banyak hal lainnya. Itu semua terjadi bukan tanpa sebab melainkan karna mindset dan pengalaman hidup yang membentuk karakter mereka menjadi seperti halnya demikian.

Lalu apa tujuannya belajar psikologi?

To help me. To help people. To help us.

Supaya lebih mengenal diri sendri, orang lain, dan lebih “pintar” untuk melihat masalah yang ada disekitar. Untuk membuka mata bahwa orang-orang yang “sakit” mentalnya itu butuh bantuan untuk paling tidak disembuhkan. Kepedulian kita sebagai sesama manusia.

Karna banyak catatan kasus menyangkut psikologi yang harus ditangani. Such as kekerasan pada wanita dan anak, mereka orang-orang yang putus asa karna hidup, korban bullying, stres, depresi, atau mereka yang mungkin kecenderungan abnormal.

Langkah kedepannya..

Belajar bukan hanya sekedar mengejar nilai di matakuliah atau sekedar dapat nilai A atau B atau IPK tinggi, nilai bukan tolak ukur untuk membuat kita bangga. Tapi belajar untuk mendapat ilmu yang bermanfaat dan bisa berguna untuk banyak orang adalah suatu kebahagiaan yang tak terukur nilainya. Usaha yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Lakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, meskipun mungkin banyak orang yang menyepelekan, mereka ngga akan pernah mengerti bagaimana usahanya dan capeknya. Jangan tunda tugas akhir dan lulus tepat waktu.

Leave a comment