Pendahuluan Morfologi Tumbuhan

BAB I

Pendahuluan

 

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup dan sumber daya alam yang tersebar di belahan bumi ini. Organisme hidup ini termasuk dalam kelompok Plantae. Biasanya, organisme yang melakukan proses fotosintesis dapat diklasifikasikan sebagai tumbuhan. Tumbuhan memerlukan zat hijau daun (klorofil) dan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis yang berguna untuk kelangsungan hidupnya. Cara tumbuhan untuk memperoleh/membuat makanannya sendiri disebut heterotrofik.

Organisme hidup ini sangat berperan penting bagi keseimbangan ekosistem alam. Tumbuhan mampu menyuplai oksigen terbesar di bumi dan menjadi produsen utama dalam rantai makanan. Selain itu, tumbuhan juga merupakan sumber utama kebutuhan manusia yaitu : sandang, pangan, dan papan.

Hal ini juga ditunjang oleh kemampuan manusia dalam mengolah sumber daya alam yang melimpah di bumi, tentunya pengolahan sumber daya alam ini juga harus diperketat pengawasannya. Agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Sejatinya, semua bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan. Misalnya untuk pengobatan herbal, sebagai penghias rumah, sebagai bahan kerajinan tangan, dan lain hal sebagainya. Dari mulai bagian akar hingga buahnya. Untuk mengetahui lebih lanjut bagian-bagian tumbuhan secara mendetail pada bab selanjutnya akan dibahas mengenai morfologi tumbuhan.

Leave a comment